WIWIK PUSPITASARI

Ibu guru Taman Kanak Kanak yang juga hobi mendongeng. Baginya menulis adalah hal terbaik yang perlu dilakukan setiap guru. Menulislah untuk keabadian...

Selengkapnya
INI SALAH SIAPA??

INI SALAH SIAPA??

Guru jaman now itu, ya guru penulis. Kata temanku. Aku terdiam, menelan bulat-bulat sindiran itu.

Aku memang belum punya karya, satu pun. (malu tingkat dewa)

Aku hanya punya buku nikah dan buku tabungan..hahaha setidaknya sindiran halus pemimpin redaksi Mediaguru juga mengena bagiku.

Meski memiliki semangat tinggi, namun ternyata belum cukup bagiku, untuk bisa menyelesaikan satu naskah.

Beberapa keluhan muncul, dari mulai kesibukan dan padat kegiatan, hingga kehabisan ide.

Keluhan terakhir inilah yang paling sering melanda diriku.

Kenapa kering ide? Padahal hasrat sudah menggebu. Jemari ingin melaju. Gemulai di atas keyboard. Tapi tetap saja mulai darimana?? Berulangkali mencoba menuliskannya. Namun godaan lain berdatangan. Dari mulai mengintip grup sampai komentar di FB. Aduh.... Sulitnya memulai. Kata yang dipilih pun belum di temukan. Sementara maksud hati ingin segera berbentuk rangkaian.

Ternyata.....

Dalam satu bulan ini aku hanya membaca pesan WA dan laman FB saja. Aku lupa menyisihkan waktu untuk sekadar membaca buku. Atau... Aku memang belum beli buku satu bulan ini. Oh.. Tidak adil rasanya. Aku marah pada diriku karena tak mampu merangkai kata. Padahal bukan salah siapa-siapa. Akulah yang masih kurang membaca. Membaca buku memang budaya. Dan aku telah lama meninggalkan kebiasaan baik itu. Berlagak modern, membaca lewat smartphone (gawai). Padahal aku cuma mendapatkan aneka ragam berita yang tak beraturan. Andai saja aku telah memiliki banyak buku referensi. Niscaya menyelesaikan sebuah naskah bukanlah hal yang terlalu sulit bagiku. Kesadaran mulai muncul. Perlahan tapi pasti, aku akan mulai lagi. Semangat membaca ku bangun lagi. Seperti saat aku SD dulu, setiap makan nasi lauknya buku. Tetapi itu dulu. Dan kala itu ibuku sering marah padaku. Karena makan jadi tak konsentrasi

Lauknya habis, nasinya masih banyak tersisa. Karena matanya ke buku cerita. Hahaha.. Itulah masa kecilku yang bahagia. Penuh dengan warna omelan ibuku yang kini ku rindu. Sebab setelah aku menjadi ibu, banyak yang ku ingat tentang omelan ibuku. Dan aku tersipu jika mengingat itu. Ibuku paling marah jika buku berantakan di tempat tidur. Padahal aku paling suka membaca sampai mata ini mengantuk. Tentu saja tak sempat meletakkannya lagi ke rak buku. Belum lagi pagi hari yang diwarnai dengan kesibukan. Tapi aku sering berpakaian sambil membaca buku.

Membaca....!!!

Ulalaaaa..kemana perginya hobiku itu? Kenapa sirna tanpa bekas. Kemana jejaknya kan kucari?

Aku pun terduduk lemas. Saat satu persatu temanku menghasilkan buku. Mereka mengirimkan naskah dengan semangat 45. Tetapi aku? Menulis judul pun aku belum berani. Mau menulis apa?

Ini salah siapa?

Saat ini aku masih berkutat dengan pikiranku. Aku ingin mencari, siapa yang salah dari semua ini. Tapi tak ku temui. Mematung, bercermin menatap diri sendiri. Dari alam bawah sadar terdengar. "Kamulah biangnya"

" Kamu yang terlalu banyak mencari alasan"

Padahal kamulah yang menciptakan pembenaran!!"

Astaghfirullah....

Aku pun tersadar. Tantangan terberat menulis itu, adalah diri sendiri.

Maafkan aku buku...

Catatan kehilangan dan rasa bersalah pada buku.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

lha itu tulisan ibu sudah luar biasa...

13 Feb
Balas

Alhamdulillah Bu.. Masih terus berusaha. Agar bisa menulis... Terimakasih ya Bu..

13 Feb

Baarokallah Bunda..., luar biasa. Insyaa Allah ketemu di SAGUSABU SUMUT ya Bund...

13 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali